Recipe : Roasted Chicken with Potato


Resep aslinya bisa dilihat disini. Tapi gw banyakin lagi herbs-nya abis takut hambar karena gw punyanya rosemary dan thyme versi dried bukan yang fresh.

Ingredients:
- 5 potong ayam
- 3 potong kentang, cuci bersih kulitnya dan potong sesuai selera
- 6 siung bawang putih, unpeeled
- 1 buah lemon, zest and juice
- 1 tbsp dried Rosemary
- 1 tbsp dried thyme
- 1 tbsp paprika powder
- 1/2 tbsp garlic powder
- 1/2  tbsp salt n pepper
- 1/2  tbsp salt n pepper & 1/2 tbsp oregano untuk bumbu kentang
- olive oil

How to:
1. Di wadah besar masukan potongan ayam, lemon, dan semua herbs. Aduk rata dan simpan di kulkas min 20 menit (kemarin gw simpen semaleman)
2. Panaskan oven pada suhu 225 dercel
3. Rebus kentang selama 10-15 menit (tergantung besarnya kentang, cek pakai garpu untuk lihat sudah lembut apa belum). sisihkan.
4. Ambil baking sheet (gw pake pyrex) dan oles dengan olive oil supaya tidak lengket. Taruh potongan kentang dan bumbui dengan salt n pepper dan oregano secara merata. Lalu masukkan potongan ayam dan bawang putih (skin on, supaya tidak pahit) juga potongan lemon sisa dari juice.
5. Panggang selama 1 jam

Verdict:
Ayamya lembut banget! bener-bener gampang lepas dari tulang. Untuk kentangnya, pertama gw ngikutin sesuai instruksi yaitu langsung panggang aja yang mana gatot! kentang gw tengahnya tetep mentah dan keras. KArena masih ada sisa kentang gw bikin lagi gw rebus dulu abis itu gw panggang sekitar 30 menit, enaaaaak. Gw perhatiin kalo nonton tutorial masak bulay, mereka bisa langsung panggang kentangnya, karena beda jenis yaa...seringnya mereka pake kentang jenis yukon gold, kalo gw pake kentang biasa.
 

Comments

  1. Kentang di sini emang macem2nya kadang bikin gue pusing loh! Gak tau yang cocok yang mana. Tapi kalo cuma buat masak basic, beli aja yang lagi sale hahahaha. Oh iya, bumbu yang sama bisa dipake buat bikin whole roasted chicken gitu, Dis. Nah kan kalo ayamnya utuh gitu, lemaknya pd turun tuh, jadi fatnya bisa bikin kentang dan sayurnya itu lebih wangi lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom PD bikin yang whole roasted chicken... kalo gagal yasalam rugi bandar, mahal ahahahahha
      kalo urusan sayur mayur, NZ mantep banget ya ci... banyak pilihan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Toddler's Blab IV

Letter to dearest late friend

Cousin's Day Out